Mengerti Kehendak Tuhan

Bacaan Mazmur 90:10

Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, dan kebanggaannya adalah kesukaran dan penderitaan; sebab berlalunya buru-buru, dan kami melayang lenyap.

Kalau kita tahu bahwa masa hidup kita di dunia ini begitu singkat, dan pada akhirnya kita semua akan menghadap takhta pengadilan Kristus, maka kita harus didapatkan berkenan di hadapan Allah, itu bukan persoalan yang mudah.

Kenapa demikian?, karena tidak mudah seseorang bisa berkenan di hadapan Allah, kalau ia tidak pernah mengerti akan kehendak Allah, apa yang baik, yang berkenan kepada Allah, dan yang sempurna.

Itulah sebabnya setiap kita sebagai orang percaya harus :

1. hidup berjuang, dan mau mengarahkan seluruh hidup kita saat ini hanya untuk belajar akan kebenaran injil yang murni, supaya kita bisa mengerti akan kehendak Allah.

Ingat sekali lagi, masa hidup kita di dunia ini sangat singkat, oleh sebab itu kita harus mau mempergunakan waktu hidup kita yang masih ada saat ini untuk belajar mengerti akan kehendak Allah. Itulah yang dimaksudkan firman Tuhan di dalam;

Efesus 5:16 dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. 5:17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.

2. mempergunakan waktu yang ada, bukan tanpa alasan, sebab firman Tuhan katakan, karena hari-hari ini adalah jahat. Artinya kita harus menyadari bahwa kita saat ini ada ditengah-tengah kehidupan dunia yang penuh dengan berbagai keinginan, dan hawa nafsu dunia, yang semuanya itu merupakan hal yang tidak dikehendaki oleh Allah, kita tidak boleh ikut terseret ke dalamnya.

Sadarlah bahwa waktu hidup tujuh puluh tahun itu tidak lama, dan di dalam singkatnya waktu hidup itu kita harus sungguh-sungguh belajar untuk mengerti akan kehendak Allah, supaya apapun yang kita lakukan, semua itu adalah merupakan kehendak Allah.

3. Jangan menjadi orang yang bodoh. Itulah kenapa firman Tuhan katakan di atas, “janganlah kamu bodoh”. Sebab hanya orang bodoh saja yang tidak mau belajar mengerti akan kehendak Allah.

Kenapa saya katakan demikian?, sebab orang yang selama hidupnya tidak melakukan kehendak Allah, maka diujung kematiannya, ia tidak akan diterima di dalam Kerajaan Allah Bapa di sorga.

Mungkin saudara akan bertanya, bukankah kita sudah menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat?, berarti kita sudah selamat. Ingat saudaraku apa yang firman Tuhan katakan;

Matius 7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

Itulah sebabnya kita diingatkan untuk mempergunakan waktu yang ada ini, supaya kita belajar mengerti apa yang menjadi kehendak Allah, sebab dengan mengerti apa yang menjadi kehendak Allah, maka kita akan hidup dan melakukan kehendak Allah, supaya pada akhirnya kita bisa diterima oleh Allah di dalam Kerajaan-Nya. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

melayani adalah kehormatan dan bukan beban.

Salam Gembala 😇

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *